Senin, 14 November 2011

Yesus, mengabarkan Injil untuk Orang mati?


Menurut surat Petrus, Tuhan Yesus setelah bangkit mengabarkan Injil pada orang-orang yang mati zaman Nuh. Bagaimana penafsiran yang benar ?

Membaca : 1 Petrus 3:19-20
3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Bahwa pada masa antara kematian dan kebangkitan, Tuhan Yesus dengan sesungguhnya pergi serta memproklamasikan (yaitu arti dasar kata: memberitakan) kemenanganNya kepada alam roh-roh, dalam hal penafsiran ini diperhadapkan kepada dua jalan pemikiran yang lebih luas : Ada yang mengemukakan bahwa hal ini adalah pengabaran Injil kepada orang-orang yang telah meninggal sebelum masa Kristus, yaitu orang-orang yang belum memperoleh kesempatan untuk mendengar, bertobat dan percaya. Orang-orang yang mati dalam air bah merupakan contoh terkenal dari golongan ini. Ada pula kemungkinan yang mengemukakan bahwa pemakaian kata: roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh, maksudnya adalah malaikat-malaikat yang telah jatuh.
Tafsiran ini dianggap lebih sesuai karena dalam pemakaian kata pnumata, yaitu roh-roh didalam Alkitab jika roh-roh ini dikemukakan tanpa keterangan lain.
Maka setelah memepertimbangkan segala persoalan yang muncul, tafsiran terakhir ini agaknya yang terbaik untuk menjelaskan ayat yang sulit ini. Bila dapat dibenarkan, pemikiran ini berlanjut dimana kemenangan Kristus menjadi nyata kesempurnaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.